Mengatur menu di meja pelanggan ternyata mampu menggugah selera dan menaikan order makanan di restoran. Menu bisa menjadi representatif servis di rumah makan karena berisi daftar makanan dan minuman yang dihidangkan. Adapun penyusunan daftar menu dan penataannya agar tidak monoton bisa menyimak poin-poin berikut!
Buat Klasifikasi Makanan & Minuman
Untuk memudahkan pelanggan dalam memilih hidangan, kamu bisa mengklasifikasikan makanan dan minuman secara terpisah. Kamu dapat menyatukan menu sejenis dalam satu kategori, seperti desert, aneka mie, salad, pasta, kopi, teh, atau mocktail.
Urutan kategori hidangan bisa dimulai dari aneka minuman, appetizer, main course dan dessert. Pada acara tertentu, kamu dapat pula menghadirkan menu khusus selain menu reguler yang menambah variasi dan keunikan bisnis F&B yang sedang dikelola.
Deskripsikan Menu yang Representatif
Selanjutnya, kamu perlu membuat deskripsi menu yang mampu merepresentasikan sajian. Fungsi deskripsi ini adalah membantu pelanggan dalam memperoleh gambaran menu makanan yang dipesan. Alhasil, pelayan juga tidak perlu lagi menjelaskan satu per satu sajian dalam menu tersebut. Selain menambahkan gambaran singkat terkait sajian, kamu juga perlu menampilkan harga untuk setiap sajian agar menciptakan transparansi kepada pelanggan.
Tambahkan Foto Hidangan
Apakah kamu tahu bahwa menampilkan foto hidangan dipercaya mampu menaikan penjualan hingga 30%?
Foto memberikan gambaran jelas terkait sajian yang pelanggan pilih dan mampu meningkatkan nafsu makan. Pastikan kamu menggunakan foto dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan tampilan sajian aslinya.
Letakan Menu di Posisi Strategis
Menu dalam bentuk buku bisa diletakan dekat pintu masuk agar mudah dijangkau oleh pelanggan. Ada pula yang sengaja menempatkan menu dekat kasir jika sistem order di resto tersebut mendahulukan pembayaran di muka. Kamu juga bisa mengatur menu di meja pelanggan secara vertikal agar menghemat tempat.
Gunakan QR Code Menu
Salah satu cara menghemat tempat dan biaya resto, penggunaan QR code menu sangat praktis dan efektif. Kode QR ini bisa diletakan di setiap meja pelanggan dengan frame mencolok sehingga mudah dikenali pelanggan.
Selain itu, gunakan Kasflo Resto agar alur pemesanan di kasir lebih teratur dan terstruktur. Fitur yang dimilikinya bisa digunakan untuk pemesanan self order maupun reservasi meja. Lewat Kasflo, bisnismu mudah melihat manajemen stok, mengatur menu paketan, bahkan tidak sulit menambah varian sebanyak mungkin.
Dengan kombinasi pengaturan menu di meja pelanggan di atas serta Kasflo Resto membuat manajemen resto efisien serta visual menu yang lebih eye catching di mata pelanggan.