6 Tips Memilih Aplikasi POS untuk Restoran dan Cafe

aplikasi pos

Point of Sale (POS) adalah sistem yang sangat penting dalam bisnis F&B seperti cafe dan restoran. Ini karena POS restoran yang kamu pilih punya dampak langsung untuk efisiensi, produktivitas, dan kesuksesan bisnis. Aplikasi POS yang unggul harusnya bisa dapat menyederhanakan operasional dan meningkatkan layanan pelanggan.

Bahkan ada sistem POS yang bisa memberikan insight berharga melalui analisis data. Oleh karena itu, sebagai owner bisnis kamu perlu memilih Point of Sale yang tepat dan sesuai dengan skala bisnis dan jenis produk yang dijual. Melalui ulasan ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih aplikasi POS untuk bisnis resto milikmu.

aplikasi POS

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai menentukan pilihan adalah mengidentifikasi kebutuhan POS restoran. Apakah kamu butuh fitur pengelolaan inventori, laporan keuangan, atau pemesanan? Sistem POS yang selaras dengan kebutuhan restoran dan cafe bisa meningkatkan efisiensi operasional.

2. Aksesibilitas

Penting untuk memilih aplikasi Point of Sale yang aksesibilitasnya mudah. Ini karena kamu tidak bisa 24/7 berada di restoran untuk melakukan pemantauan. Selain akses data cloud yang fleksibel, adanya jaminan bahwa aplikasi bisa diakses melalui handphone atau tablet akan sangat membantu.

3. Biaya yang Dibutuhkan

Pengadaan alat seperti aplikasi Point of Sale ini tentu membutuhkan biaya. Kamu perlu mempertimbangkan besar biaya yang harus dibayar dengan ketersediaan bujet. Biasanya ada biaya yang harus dibayar di muka dan biaya berkelanjutan saat aplikasi digunakan.

4. Fitur yang Ditawarkan

Penyedia aplikasi Point of Sale menyediakan rangkaian produk, integrasi, dan bahkan opsi pembayaran yang beragam. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pemilik bisnis. Contoh fitur yang ditawarkan seperti manajemen inventori, laporan keuangan, hingga pengelolaan pesanan dan pembayaran. Kamu bisa memilih fitur mana yang dibutuhkan.

5. Cara Pengoperasian

Sistem POS yang rumit bisa menyulitkan, khususnya saat awal pemasangan atau ketika ada pergantian personel. Untuk meminimalisir risiko, kamu bisa mempertimbangkan aplikasi Point of Sale yang pengoperasiannya mudah. Sistem yang mudah digunakan membuat masa training lebih cepat dan pelanggan memiliki user experience yang baik.

6. Kredibilitas dan Dukungan Vendor

Sebisa mungkin pilih vendor penyedia aplikasi Point of Sale yang kredibel dan memberikan support terbaik. Alasannya, ada kemungkinan masalah muncul pada aplikasi sewaktu-waktu sehingga support yang memadai bisa meminimalisir risiko operasional restoran terganggu.

Kasflo bisa jadi pilihan aplikasi POS yang tepat untuk bisnis restoran dan cafe milikmu. Keunggulan Kasflo dibanding dengan aplikasi sejenis adalah gratis tanpa biaya, fitur pengelolaan lengkap! Dari membuat menu self order, QRIS dinamis untuk pembayaran sesuai dengan bill pembeli, hingga absensi karyawan dan juga pembayaran yang terintegrasi sehingga kamu bisa langsung pakai. Mengelola pesanan dan pembayaran jadi lebih mudah dengan Kasflo! So, yuk, kembangkan bisnismu bersama Kasflo!

× Konsultasi Sekarang