Inilah Cara Atur Keuangan Usaha yang Hemat dan Anti Rugi

Atur Keuangan

Kemampuan mengatur keuangan sangat krusial dalam usaha bila kamu tidak ingin boros dan mengalami kerugian besar. Oleh karena itu, ikutilah cara atur keuangan usaha di bawah ini supaya berbagai kemungkinan buruk dapat dihindari.

Menyiapkan Perencanaan Keuangan

Agar keuangan tidak digunakan tanpa arah, kamu perlu membuat rencana keuangan untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Contohnya dengan menetapkan target keuangan yang ingin didapatkan dalam satu bulan, tiga bulan hingga satu tahun. Perencanaan keuangan itu harus dibuat dengan realistis.

Dalam menyiapkan perencanaan keuangan, ada hal-hal yang perlu difokuskan, di antaranya adalah perkiraan penjualan, rencana operasional, proyeksi arus kas, biaya pengeluaran sampai aset dan kewajiban.

Membuat Laporan Keuangan

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, kamu perlu membuat laporan keuangan usaha. Dari laporan keuangan ini juga kamu dapat melihat kondisi keuangan usaha, apakah baik-baik saja atau tidak.

Segala transaksi dalam usaha dimasukkan ke dalam laporan keuangan, dari transaksi kecil hingga besar. Setelah itu lakukanlah evaluasi keuangan usaha secara berkala untuk membuat keputusan sampai memperkirakan risiko keuangan yang mungkin muncul.

Memisahkan Keuangan Usaha dan Pribadi

Salah satu kesalahan pebisnis pemula yang membuat keuangan usaha makin boros dan berpotensi bangkrut adalah mencampurkan keuangan usaha dan pribadi. Nantinya kamu akan kesulitan melakukan perhitungan keuangan sehingga hasil laporan keuangan tidak akurat.

Cara atur keuangan usaha yang dapat dilakukan untuk menghindarinya yaitu dengan memisahkan rekening untuk bisnis dan pribadi. Jadi, kamu dapat mempertahankan keuangan usaha seperti keluar masuk kas sampai pinjaman modal usaha dengan aman dan efektif.

Mengelola Utang dan Bayaran Lainnya

Jika dalam berbisnis kamu memiliki utang, kelolalah segala jenis utang dengan baik dan bayar tepat waktu. Apalagi jika tidak ada pengeluaran genting sehingga bayar utang harus lebih diutamakan.

Selain itu, kamu juga harus memprioritaskan bayaran lainnya yang tidak kalah penting dari utang seperti pajak dan tagihan usaha. Sangat penting untuk membayar semuanya dengan tepat waktu agar nantinya tidak terkena denda. Jika perlu, aturlah pengingat untuk setiap biaya yang harus dibayarkan.

Itu dia cara atur keuangan usaha agar kamu tidak mengalami kerugian. Untuk memudahkan proses pengelolaan keuangan, kamu bisa memanfaatkan Kasflo, solusi manajemen bisnis UMKM.

Lewat Kasflo kamu bisa membuat pembukuan keuangan dengan lengkap, yaitu menambah data pembukuan, kategori pembukuan sampai melihat laporan arus kas dan transaksi. Kamu tak perlu takut akan menambah pengeluaran karena Kasflo menyediakan fitur-fitur unggulannya secara gratis.

× Konsultasi Sekarang