7 Cara Sukses Memulai Usaha Restoran di Era Digital

Memulai Usaha Restoran

Fakta tentang makanan yang menjadi kebutuhan primer manusia membuat bisnis restoran tidak lekang oleh waktu. Bahkan, tidak sedikit restoran legendaris yang saat ini usianya sudah puluhan tahun. Meskipun menggiurkan, tetapi kamu tidak bisa asal memulai usaha restoran. Apalagi di era digital seperti sekarang persaingan semakin sengit.

Ada banyak upaya yang perlu dilakukan agar bisnis restoran bisa berkembang dan bertahan. Yuk, cari tahu apa saja cara sukses yang bisa kamu terapkan untuk memulai usaha restoran di era digital!

Memulai Usaha Restoran

1. Tentukan Konsep Resto

Langkah pertama adalah menentukan konsep restoran yang akan kamu bangun. Konsep ini meliputi tipe restoran hingga menu makanan yang dijual. Penentuan konsep akan membantu mengidentifikasi kebutuhan bisnis selanjutnya dengan lebih mudah. 

2. Lokasi Bisnis dan Target Pasar

Kedua hal ini harus selaras dengan konsep restoran. Misalkan kamu ingin membuka fancy restaurant, maka target pasarnya kalangan menengah ke atas dan lokasinya di perkotaan dengan lingkungan masyarakat berdaya beli cukup tinggi.

3. Kebutuhan Supplier 

Kamu perlu supplier utama dan cadangan yang kompeten. Ini karena setiap bisnis restoran butuh jaminan kualitas bahan baku, pengiriman tepat waktu, hingga harga sesuai bujet. Proses pencarian supplier ini biasanya butuh waktu tidak sedikit.

4. Jumlah Tenaga Kerja

Kamu bisa memulai bisnis restoran sendiri di awal perintisan. Namun, seiring berjalannya waktu setidaknya ada 1 atau 2 helper yang membantumu mengelola bahan baku, proses memasak, pengemasan, hingga keuangan.

5. Sistem Delivery 

Di era digital, setiap usaha restoran perlu mempertimbangkan layanan antar untuk pelanggan. Selain bisa menjangkau lebih banyak konsumen, delivery order bisa meningkatkan jumlah penjualan dan kepuasan pelanggan.

6. Perhitungan Modal

Secara umum kebutuhan modal meliputi sewa tempat, perizinan, gaji karyawan, biaya bahan baku, hingga biaya pemasaran. Kebutuhan modal ini selaras dengan konsep restoran. Misalkan kamu ingin konsep cloud kitchen, maka biaya sewa tempat tidak termasuk dalam rincian. 

7. Pilih Ekosistem yang Tepat

Jika kebutuhan dasar sudah terpenuhi, maka kamu perlu memiliki aplikasi pendukung yang tepat. Pilih aplikasi yang bisa membuat ekosistem restoran efektif dan efisien di era digital mulai dari proses pemesanan hingga pembayaran.


Salah satu solusi terbaik adalah menggunakan Kasflo Resto. Kamu bisa mendapat support dari 3 produk Kasflo untuk menunjang operasional restoran. Contohnya seperti self order, reservasi meja, pemesanan di kasir, hingga dukungan pembayaran yang lengkap.

Di era digital, kamu perlu menjamin kemudahan dan keleluasaan pelanggan untuk memesan dan membayar makanan. Siap memulai bisnis restoran impianmu dengan dukungan Kasflo RestoYuk, kembangkan bisnismu bersama Kasflo!

× Konsultasi Sekarang