5 Cara Menghadapi Persaingan Bisnis Kuliner di Tahun 2024

Persaingan Bisnis

Salah satu jenis bisnis yang banyak diminati oleh orang yaitu kuliner. Semakin banyak peminatnya, semakin banyak pula pesaingnya. Apalagi di tahun 2024 ini, semakin banyak restoran berjejer di pinggir jalan. Bahkan, bisnis kuliner rumahan juga tidak kalah banyaknya. Oleh karena itu, strategi yang efektif sangat diperlukan untuk menghadapi persaingan kuliner.  Simak 5 cara ampuh menghadapi persaingan bisnis kuliner di tahun 2024 ini.

1. Ciptakan Branding yang Menarik

Salah satu cara untuk menaikkan engagement bisnis kulinermu adalah dengan menciptakan branding yang menarik. Misalnya, kamu bisa menonjolkan visual produk, kualitas pelayanan, ataupun keunikan dari produkmu. Selanjutnya, lakukan promosi secara masif dan agresif di berbagai platform media sosial. Selain itu, buatlah konten yang menarik perhatian pelanggan.

2. Kembangkan Inovasi Produk dan Menu

Banyak produk serupa yang dijual oleh pihak lain. Oleh karena itu, penting bagimu untuk mengembangkan dan berinovasi pada produk serta menu. Selanjutnya, tonjolkan ciri khas dan keunikan produkmu agar pelanggan tertarik untuk membelinya.

3. Tentukan Harga yang Tepat

Penentuan harga yang tepat merupakan salah satu cara untuk menghadapi persaingan kuliner. Agar harga yang kamu tentukan tidak terlalu mahal ataupun murah, kamu bisa menghitung HPP produknya terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa menentukan keuntungan yang akan kamu ambil dan harga jual yang sesuai. 

4. Kolaborasi dengan Mitra

Di zaman serba digital ini, strategi pemasaran tidak hanya dilakukan secara tradisional  untuk mengembangkan bisnismu. Salah satunya dengan menggandeng influencer, selebgram, ataupun affiliator untuk memasarkan bisnis kulinermu. Kamu juga dapat berkolaborasi dengan hotel, penyedia makanan, ataupun event organizer untuk mengadakan acara bersama.

5. Memanfaatkan Teknologi

Kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memanajemen restoranmu dari jauh. Misalnya, dengan penggunaan produk Website Back Office dari Kasflo. Dengan produk ini kamu bisa mengelola restoranmu yang berkaitan dengan POS dan aplikasi pendukung lainnya. Di sini, pemilik usaha mempunyai otoritas penuh dalam pengaturan dan manajemen bisnis seperti manajemen produk, manajemen cabang, manajemen karyawan, dan absensi.

Itulah beberapa cara ampuh untuk menghadapi persaingan kuliner. Terapkan cara di atas agar bisnismu tetap bertahan dan berkembang. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Kasflo Resto untuk mempermudah mengelola restoranmu. Kamu bisa mendapat support dari 3 produk Kasflo untuk menunjang operasional restoran. Contohnya seperti self order, reservasi meja, pemesanan di kasir, hingga dukungan pembayaran yang lengkap.

Siap memulai bisnis restoran impianmu dengan dukungan Kasflo Resto? Yuk, kembangkan bisnismu bersama Kasflo!

× Konsultasi Sekarang