Cara Mudah Atur Stok Barang di Restoran, Anti Ribet!

Strategi agar bisnis kuliner bertahan dan berkembang dengan baik yaitu dengan memahami cara atur stok barang di restoran. Apa saja caranya?

Strategi tepat diperlukan agar bisnis kuliner dapat bertahan dan berkembang dengan baik. Salah satunya yaitu pengelolaan stok barang di restoran. Bagi kamu yang terlibat dalam industri kuliner, penting untuk memahami cara atur stok barang dengan efektif. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk mengelola stok barang di restoran dengan benar dan anti ribet.

1. Memisahkan Barang ke Beberapa Kategori

Cara pertama dalam mengatur stok barang di restoran yaitu dengan memisahkan barang ke beberapa kategori. Ada tiga cara mengkategorikan barang di restoran. Pertama, berdasarkan tujuannya, diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu: inventaris bahan makanan dan minuman, alat makan, dan bumbu untuk masakan. 

Kedua, berdasarkan tempat penyimpanannya, diklasifikasikan ke dalam barang buah dan sayur, barang frozen, ataupun gudang. Ketiga, berdasarkan siklusnya diklasifikasikan berdasar  barang fast moving dan barang yang slow moving.

2. Mengecek Barang dan Tanggal Kedaluwarsa

Barang dan bahan baku untuk restoran haruslah berkualitas tinggi. Sebelum menyimpannya, pastikan untuk memeriksa stok barang serta tanggal kadaluarsanya. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa kualitas produk di restoranmu tetap terjaga.

3. Menggunakan Metode Forecasting

Cara atur stok berikutnya di restoranmu adalah dengan menggunakan metode forecasting. Metode forecasting adalah teknik untuk memperkirakan kapasitas produksi atau jumlah stok barang yang diperlukan. Dengan metode ini, kamu dapat memprediksi kebutuhan barang dan kapasitas produk restoranmu secara lebih akurat. Tujuannya adalah agar stok barang di restoranmu tidak kehabisan atau kosong.

4. Menerapkan Prinsip First In First Out (FIFO)

Kemudian, cara yang bisa kamu lakukan adalah prinsip First In, First Out (FIFO). Prinsip ini mengharuskan barang yang masuk terlebih dahulu dikeluarkan terlebih dahulu sebelum menambah stok barang baru. 

Dengan cara ini, keuntungan yang kamu dapat, yaitu barang lama, akan digunakan terlebih dahulu, menjaga kualitas produk, dan meminimalkan pemborosan ataupun kerugian.

5. Mencatat Menggunakan Aplikasi  

Terakhir, untuk memudahkan manajemen stok barang, kamu bisa menggunakan aplikasi manajemen stok seperti Kasflo Resto. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memantau stok barang secara efektif, sehingga kamu bisa dengan mudah mengetahui barang yang masih memiliki stok banyak dan yang perlu di-restock.

Itulah beberapa cara atur stok barang di restoranmu. Terapkan tips-tips di atas agar manajemen restoranmu menjadi lebih mudah. Jangan lupa mengunduh Kasflo Resto untuk membantumu dalam mengelola restoran dengan lebih mudah dan efisien.

× Konsultasi Sekarang