Ganjil Genap: Strategi Harga Menu Agar Produk Laku Keras

Strategi Harga Menu

Ganjil genap merupakan salah satu strategi harga menu yang kerap digunakan resto beberapa tahun belakangan ini. Penetapan harga sajian menggunakan angka ganjil atau genap ini ternyata mampu meningkatkan order makanan di restoran. 

Secara psikologis, harga ganjil menunjukan perbandingan sementara harga genap mendorong pelanggan untuk membeli paket makanan tertentu. Dalam penentuan harga ganjil genap ada tiga metode yang bisa kamu gunakan di antaranya adalah sebagai berikut:

Strategi Harga Menu

Charm Pricing

Metode ini menuntut kamu membuat harga dengan melibatkan angka ganjil khususnya “9” atau “999”. Contohnya dalam menuliskan harga produk Rp150.000, alih-alih menuliskan harga bulat lebih baik ditulis Rp149.999. 

Pelanggan dalam alam bawah sadarnya akan berpikir bahwa harga tersebut belum mencapai Rp150.000. Meskipun hanya selisih Rp1 saja mampu membuat perbandingan atau tawar menawar dari dalam diri pelanggan tersebut. 

Harga Coret

Teknik strategis harga menu dengan memanfaatkan harga ganjil genap selanjutnya adalah menampilkan harga coret. Kamu bisa mencoret harga barang lama dan menampilkannya dibarengi harga baru yang jauh lebih murah.

Perbedaan harga ini mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk tersebut. Gunakan warna dan font yang mencolok agar menarik pelanggan. Harga yang dicoret dan tarif baru bisa menggunakan angka ganjil atau genap bahkan kombinasi keduanya.

Angka Bulat

Sajian-sajian spesial di restomu dengan harga yang relatif tinggi dapat menggunakan angka genap. Harga yang merata untuk menu eksklusif akan membuat pelanggan berpikir bahwa menu tersebut berbeda dengan menu reguler lainnya. Biasanya metode ini digunakan pada restoran mewah yang menyajikan menu buffet

Penetapan harga ganjil genap mampu mendorong pelanggan untuk membeli barang dalam jumlah tertentu. Harga ganjil sering dipakai untuk menu baru atau single course sementara tarif genap umumnya untuk menu makanan paket yang memiliki gabungan varian sajian.

Demi memaksimalkan strategis harga menu ini, alangkah baiknya jika kamu juga mengandalkan Kasflo. Fitur yang dimilikinya memudahkan kamu mengatur menu satuan dengan harga yang bervariasi. Selain itu tersedia pula menu paketan terpisah sehingga pencatatan pembukuan resto lebih detail. Melalui Kasflo, kamu bisa mengecek menu paket atau satuan mana yang memiliki daya beli tinggi. 

Kasflo adalah aplikasi kasir online yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan bisnis dengan lebih efisien. Dengan berbagai fitur yang tersedia secara gratis, kamu bisa mendapatkan laporan keuangan lengkap, pilihan pembayaran yang beragam, pencatatan transaksi secara real-time, serta manajemen karyawan dan cabang. Segera manfaatkan Kasflo untuk mengoptimalkan bisnismu!

× Konsultasi Sekarang