Menu Online, Strategi Jitu untuk Kembangkan Bisnis F&B

Menu Online

Bisnis food and beverages memang menggiurkan. Namun, di lain sisi sektor bisnis ini cukup tricky. Selain risiko, persaingannya cukup ketat sehingga kamu perlu menggunakan strategi tertentu untuk mengembangkan bisnis F&B. Salah satu yang bisa kamu pertimbangkan adalah menyediakan menu online atau menu digital.

Alasan Restoran Perlu Menu Online?

Menu online menjadi bagian dari transformasi digital yang menguntungkan pemilik bisnis restoran. Selain menghemat budget, ada alasan lain kenapa menu digital jadi strategi jitu untuk bisnis F&B.

Menu Online

1. Bagian Riset Pelanggan

Menurut riset dari OpenTable, 86% pelanggan mengecek menu secara online sebelum memutuskan untuk memesan makanan. Artinya, kehadiran menu digital khususnya di media sosial restoran akan memudahkan pelanggan dalam membuat keputusan.

2. Pemesanan yang Lebih Mudah

Menghadirkan menu digital bisa memudahkan pelanggan untuk memesan makanan. Proses order untuk delivery, dine in, hingga takeaway bisa berjalan dengan lancar, cepat, dan contactless

3. Menawarkan Kenyamanan

Tidak semua orang terbiasa dengan tempat baru atau mudah dalam membuat keputusan. Jika buku menu seringkali memicu kegugupan, maka menu digital memberikan kenyamanan ekstra. Ini karena kamu bisa melihat menu dan memesan dengan percaya diri tanpa takut dinilai orang lain.

4. Informasi Produk yang Jelas

Meskipun tidak hadir secara fisik, tetapi menu digital juga memiliki gambar, nama, deskripsi, dan harga yang jelas serta akurat. Informasi produk yang jelas ini sangat membantu pelanggan. Kamu meminimalisir risiko alergi, melihat kecukupan bujet, hingga kesesuaian dengan selera pelanggan.

5. Update Menu dengan Mudah

Tidak ada jaminan seluruh menu dari awal restoran buka hingga berjalan saat ini tetap sama. Selalu ada kemungkinan menu dihapus ataupun menu baru yang muncul. Menu digital akan memudahkan pergantian menu dari waktu ke waktu. 

6. Bisa Upsell Lebih Gampang

Pemesanan konvensional bergantung pada skill karyawan mempengaruhi pelanggan untuk menambah pesanan. Berbeda dengan menu digital, pelanggan bisa dengan mudah menambah add on sendiri sesuai dengan selera dan bujet. Beberapa platform bahkan bisa menampilkan menu rekomendasi yang cocok dengan menu pesanan.

7. Mengurangi Antrian

Menu digital sangat menguntungkan restoran dan pelanggan. Ini karena antrian bisa ditekan karena seluruh pelanggan bisa self order dari perangkat yang disediakan. Hasilnya pelanggan lebih nyaman dan suasana restoran terkendali.

Restoran kamu ingin melakukan transformasi digital melalui menu online? Coba Kasflo Resto yang menawarkan pengalaman mengelola operasional bisnis F&B lebih efektif dan efisien. Kamu bisa menambahkan buku menu, manajemen stok, hingga membuat menu self order semudah menjentikkan jari tangan.

× Konsultasi Sekarang