Daftar Isi
Download PDF

Cara Melakukan Transaksi

Cara Melakukan Transaksi Langsung Bayar

  1. Masuk ke Aplikasi Kasir Kasflo Bisnis
  2. Pilih produk dengan mencarinya di “Semua Produk” atau “Kategori”, lalu klik “Tambah”
  3. Jika produk memiliki varian, pilih varian yang tersedia
  4. Jika kamu memiliki pilihan Add On, silahkan klik sesuai dengan pilihan
  5. Ketik di kolom “Masukan Catatan Di Sini” jika ada Catatan Pesanan
  6. Silahkan Masukan jumlah pesanan dengan ketik angka atau klik tanda “+” untuk menambahkan dan “-” untuk mengurangi, lalu klik “Tambah”
  7. Jika pesan sudah sesuai, pilih “Proses”
  8. Masukkan Data Pelanggan dengan klik nama tersebut.
  9. Jika belum ada di Data, silahkan klik “Tambah Pelanggan”, masukan “Nama Pelanggan” dan “Nomor Telepon”, lalu klik “Simpan”
  10. Pilih “Pembayaran” yang dipilih oleh pembeli, jika kamu sedang mengadakan promo, kamu bisa klik “Gunakan Promo” dan pilih promo yang diinginkan. Klik “Lanjutkan” untuk membayar
  11. Jika menggunakan Cash Masukkan nominal uang yang dibayar oleh pembeli, jika uang pas kamu bisa pilih “Uang Pas”
  12. Jika menggunakan QRIS tunjukkan kode QR Pembayaran kepada Pelanggan
  13. Selanjutnya kamu bisa cetak struk pembelian, hubungan printer Bluetooth sebelum mencetak struk. Lihat di sini cara menghubungkan printer

Cara Melakukan Transaksi Dengan Pembayaran Di Akhir

  1. Masuk ke Aplikasi Kasir Kasflo Bisnis
  2. Pilih produk dengan mencarinya di “Semua Produk” atau “Kategori”, lalu klik “Tambah”
  3. Jika produk memiliki varian, pilih varian yang tersedia
  4. Jika kamu memiliki pilihan Add On, silahkan klik sesuai dengan pilihan
  5. Ketik di kolom “Masukan Catatan Di Sini” jika ada Catatan Pesanan
  6. Silahkan Masukan jumlah pesanan dengan ketik angka atau klik tanda “+” untuk menambahkan dan “-” untuk mengurangi, lalu klik “Tambah”
  7. Jika pesan sudah sesuai, pilih “Proses”
  8. Masukkan Data Pelanggan dengan klik nama tersebut.
  9. Jika belum ada di Data, silahkan klik “Tambah Pelanggan”, masukan “Nama Pelanggan” dan “Nomor Telepon”, lalu klik “Simpan” selesai untuk menambahkan pelanggan
  10. Klik “Simpan” dan klik “Ya” untuk melakukan pembayaran di akhir nanti
  11. Ketika pelanggan ingin membayar silahkan klik “Check Out” lalu pilih nama pelanggan, dan klik “Bayar”
  12. Pilih “Pembayaran” yang dipilih oleh pembeli, jika kamu sedang mengadakan promo, kamu bisa klik “Gunakan Promo” dan pilih promo yang diinginkan. Klik “Lanjutkan” untuk membayar
  13. Jika menggunakan Cash Masukkan nominal uang yang dibayar oleh pembeli, jika uang pas kamu bisa pilih “Uang Pas”
  14. Jika menggunakan QRIS tunjukkan kode QR Pembayaran kepada Pelanggan
  15. Selanjutnya kamu bisa cetak struk pembelian, hubungan printer Bluetooth sebelum mencetak struk. Lihat di sini cara menghubungkan printer

Cara Mengatur Reservasi

  1. Pada dashboard aplikasi, klik menu “Grid” yang berada di bawah Nama, dan pilih “Kalender”
  2. Pilih tanggal dan jam sesuai yang pelanggan inginkan
  3. Jika sudah sesuai, klik “Ya” untuk Konfirmasi Reservasi
  4. Pilih produk atau layanan yang diinginkan pelanggan, lalu klik “Tambah”
  5. Jika produk memiliki varian, pilih varian yang tersedia
  6. Jika memiliki pilihan Add On, silahkan klik sesuai dengan pilihan
  7. Ketik di kolom “Masukan Catatan Di Sini” jika ada Catatan Pesanan
  8. Silahkan masukan jumlah pesanan dengan ketik angka atau klik tanda “+” untuk menambahkan dan “-” untuk mengurangi, lalu klik “Tambah”
  9. Jika pesan sudah sesuai, pilih “Proses”
  10. Masukkan Data Pelanggan dengan klik nama tersebut.
  11. Jika belum ada di Data, silahkan klik “Tambah Pelanggan”, masukan “Nama Pelanggan” dan “Nomor Telepon”, lalu klik “Simpan” selesai untuk menambahkan pelanggan
  12. Klik “Simpan” dan klik “Ya” untuk menyimpan reservasi
  13. Ketika pelanggan ingin membayar silahkan klik reservasi di kalender
  14. Lalu klik pesanan pada kolom kalender, jika pada kolom kalender memiliki lebih dari dua reservasi, silahkan klik lainnya untuk melihat dan memilih.Setelah memilih pesanan, lihat reservasi dan klik “Lihat Pesanan”
  15. Jika ada tambahan pesanan klik “Pesan Lagi”, lalu pilih pesanan tambahan.
  16. Jika tidak ada tambahan klik “Bayar”
  17. Pilih “Pembayaran” yang dipilih oleh pembeli, jika kamu sedang mengadakan promo, kamu bisa klik “Gunakan Promo” dan pilih promo yang diinginkan. Klik “Lanjutkan” untuk membayar
  18. Jika menggunakan Cash Masukkan nominal uang yang dibayar oleh pembeli
  19. Jika uang pas kamu bisa pilih “Uang Pas”
  20. Jika menggunakan QRIS tunjukkan kode QR Pembayaran kepada Pelanggan
  21. Selanjutnya kamu bisa cetak struk pembelian, hubungan printer Bluetooth sebelum mencetak struk. Lihat di sini cara menghubungkan printer.

Cara Membatalkan Pesanan Ketika Sudah Bayar / Void Transaksi

  1. Pembatalan/Void transaksi bisa dilakukan di halaman “Riwayat Penjualan”
  2. Perhatikan dengan teliti pesanan mana yang akan dibatalkan oleh pelanggan. Lalu klik pesanan yang akan dibatalkan
  3. Selanjutnya kamu akan masuk halaman “Detail Riwayat”. Pastikan kembali kepada pelanggan jika pesanan sudah sesuai
  4. Kemudian Klik “Void”
  5. Isi alasan Void misalnya: “Ganti pesanan karena stok habis” atau “Pelanggan harus pulang karena ada kebutuhan mendadak”, kemudian klik “Proses”
  6. Kemudian masukkan kode OTP yang masuk ke email/nomor Owner

Cara Membatalkan Reservasi

  1. Pembatalan reservasi dapat dilakukan dengan klik “Kalender”
  2. Klik pesanan pada kolom kalender, jika pada kolom kalender memiliki lebih dari dua reservasi, silahkan klik lainnya untuk melihat dan memilih.
  3. Setelah memilih pesanan, lihat reservasi dan klik “Lihat Pesanan”
  4. Selanjutnya kamu klik tong sampah yang ada di pojok kiri bawah berwarna merah
  5. Isi alasan misalnya: “Ganti hari” atau “Pelanggan tidak bisa hadir”, kemudian klik “Batalkan Transaksi”
  6. Dan transaksi pun dibatalkan

Cara Melakukan Pembayaran Custom

  1. Untuk melakukan pembayaran custom silahkan klik tanda “+” pada dashboard Aplikasi Kasir Kasflo Bisnis, lalu pilih “Pembayaran Custom”
  2. Masukan “Harga” dan “Catatan Pesanan” kemudian masukan jumlah pesanan dengan ketik angka atau klik tanda “+” untuk menambahkan dan “-” untuk mengurangi, lalu klik “Tambah”
  3. Jika pesan sudah sesuai, pilih “Proses”
  4. Masukkan Data Pelanggan dengan klik nama tersebut.
  5. Jika belum ada di Data, silahkan klik “Tambah Pelanggan”, masukan “Nama Pelanggan” dan “Nomor Telepon”, lalu klik “Simpan” selesai untuk menambahkan pelanggan
  6. Klik “Simpan” dan klik “Ya” untuk melakukan pembayaran di akhir nanti
  7. Ketika pelanggan ingin membayar silahkan klik “Check Out” lalu pilih nama pelanggan, dan klik “Bayar”
  8. Pilih “Pembayaran” yang dipilih oleh pembeli, jika kamu sedang mengadakan promo, kamu bisa klik “Gunakan Promo” dan pilih promo yang diinginkan. Klik “Lanjutkan” untuk membayar
  9. Jika menggunakan Cash Masukkan nominal uang yang dibayar oleh pembeli, jika uang pas kamu bisa pilih “Uang Pas”
  10. Jika menggunakan QRIS tunjukkan kode QR Pembayaran kepada Pelanggan
  11. Selanjutnya kamu bisa cetak struk pembelian, hubungan printer Bluetooth sebelum mencetak struk.

Cara Absen Check in & Check out (Opsional)

Absen pada Aplikasi POS Kasflo Bisnis bersifat opsional, staff atau admin bisa melakukan absen dengan cara berikut:

Cara Absen Check In

  1. Di bagian kiri atas, klik icon “Tiga Garis” di samping nama lengkap
  2. Pilih “Absensi”
  3. Berikutnya klik “Check In” lalu masukkan jumlah kas awal cafe/resto Kamu di hari itu, selanjutnya klik “Simpan”
  4. Selesai, Kamu sudah berhasil melakukan absen check in di Aplikasi POS Kaslfo

Cara Absen Check Out

  1. Masuk ke bagian kiri atas, klik icon “Tiga Garis” di samping nama lengkap
  2. Pilih “Absensi”
  3. Berikutnya klik “Check Out” lalu masukkan jumlah kas akhir cafe/resto Kamu di hari itu, selanjutnya klik “Simpan”
  4. Selesai, Kamu sudah berhasil melakukan absensi check out di Aplikasi POS Kaslfo
× Konsultasi Sekarang